10 Jenis Jerawat Di Wajah Dan Cara Mengatasinya

Jenis Jerawat Di Wajah – Jerawat merupakan permasalahan kulit yang sering menjadi momok penderitanya, munculnya jerawat bisa membuat seseorang jadi kurang percaya diri saat berada dihadapan umum sebab kulit wajah yang tadinya halus akan terlihat kasar dengan adanya bintik-bintik merah yang menempel diwajah.

Masalah kulit ini sebenarnya memiliki beberapa jenis, setiap jenis memiliki kondisi yang berbeda-beda, hal itulah yang kadang tidak dimengerti oleh sebagian orang. Setiap jenis jerawat memiliki cara tersendiri untuk menanganinya tergantung dari seberapa parah jerawat yang diderita, untuk melakukan penanganan sendiri sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter karena salah penanganan akan membuat kondisinya malah bertambah buruk.

Mungkin banyak yang belum tahu jenis jerawat di wajah itu ada berapa macam, jika kamu termasuk seseorang yang belum tahu maka bisa mengetahui jenis-jenisnya dibawah ini.

Jenis Jerawat Di Wajah Dan Cara Mengatasinya
Jenis Jerawat Di Wajah

Komedo

Jenis masalah kulit di wajah ini sering terjadi karena sel kulit yang telah mati serta kelebihan kelenjar minyak, komedo sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu komedo terbuka dan komedo tertutup.

Untuk mengatasinya bisa menggunakan putih telur yang dicelupkan kapas lalu tempelkan pada wajah yang berkomedo, tunggu sampai kering lalu bisa diangkat kapasnya. Setelah kapas diangkat akan ada banyak kotoran yang menempel pada kapas tersebut.

Jenis Jerawat Biasa

Jenis ini pasti hampir setiap orang pernah mengalaminya, bintik-bintik yang berbentuk kecik menjadi ciri dari jerawat biasa, selain itu warnanya juga terlihat putih kemerahan. Biasanya jerawat ini muncul akibat pori-pori kulit wajah tersumbat oleh kotoran sehingga memicu munculnya masalah kulit ini.

Untuk mengatasi jenis jerawat biasa bisa dengan menggunakan bahan alami seperti tomat, bawang putih dan lemon yang dioleskan langsung atau dibuat masker. Selain itu bisa juga menggunakan pasta gigi yang dioleskan sebelum tidur, kandungan fluroide pada pasta gigi mampu mengurangi bengkak disertai kemerahan yang muncul akibat jerawat.

Jenis Jerawat Batu

Jenis jerawat ini memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang jerawat biasa pada umumnya, selain itu jerawat batu juga terlihat berwarna lebih merah dan jika dibiarkan bisa meninggalkan bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan. Biasanya penyebab jerawat ini karena kebanyakan kelenjar minyak serta tidak normalnya pertumbuhan sel yang ada di kulit.

Jika memiliki jerawat batu maka sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter agar bisa diperiksa terlebih dahulu seberapa parah jerawat yang diderita untuk kemudian akan diberikan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Jenis Jerawat Juvenil

Jenis jerawat ini biasanya timbul pada seseorang yang berumur 14-20 tahun atau pada masa pubertas remaja, penyebab jerawat ini lebih ke masalah hormon yang masih belum stabil, hal itulah yang memicu munculnya jerawat juvenil.

Jika memiliki jerawat juvenil maka hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan mencuci muka menggunakan sabun wajah yang terdapat PH seimbang, atau bisa juga menggunakan sabun bayi yang tidak banyak mengandung bahan tertentu.

Jenis Jerawat Vulgaris

Jerawat ini bisa timbul karena masalah kelainan kulit wajah, selain itu penyebab lainnya yang memicu tumbuhnya jerawat vulgaris diantaranya kelebihan minyak, kosmetik yang digunakan, perubahan hormon, kulit mati yang belum lepas dan lain sebagainya. Biasanya jenis ini terjadi pada seseorang yang mulai pada masa remaja hingga masa dewasa.

Untuk menjaga kulit wajah agar terhindar dari jerawat ini bisa dengan menjaga kebersihan muka untuk menghilangkan bakteri diwajah. Sebenarnya jenis jerawat ini akan membaik dengan sendirinya tanpa ada hal yang perlu dilakuakan, akan tetapi jika keadaannya sudah terlihat parah maka bisa berkonsultasi dengan dokter agar tidak menimbulkan kerusakan kulit wajah dan mendapatkan solusi terbaik.

Jenis Jerawat Papula

Ini merupakan salah satu jenis jerawat yang meradang, benjolan yang timbul akibat jerawat ini akan berwarna merah muda kecil yang muncul dipermukaan kulit. Jenis ini sangat sensitif dengan sentuhan, jika diremas atau dipencet maka akan menimbulkan peradangan yang lebih buruk dan akan menimbulkan bekas luka yang susah untuk dihilangkan, untuk mengatasinya bisa berkonsultasi dengan dokter kulit supaya diberikan solusi terbaik bagaimanan mengatasinya.

Jenis Jerawat Pustula

Jenis ini juga termasuk jenis jerawat yang meradang, benjolannya terlihat seperti komedo namun didalamnya terdapat nanah putih atau kuning. Jika memiliki jerawat jenis ini maka hindari kontak secara langsung seperti menyentuhnya atau memencetnya karena bisa berakibat munculnya noda hitam yang susah untuk dihilangkan.

Jenis Jerawat Nodul

Nodul merupakan jenis jerawat dengan benjolan yang besar, jika tersentuh langsung akan menimbulkan rasa yang sangat sakit. Untuk mengatasinya perlu berkonsultasi dengan dokter kulit karena jenis jerawat ini akarnya bisa sampai kedalam kulit sehingga perlu penanganan yang tepat untuk mengatasinya.

Jenis Jerawat Rosacea

Seseorang yang berusia 30-50 tahun biasanya yang sering terkena jerawat ini, awalnya jerawat ini terlihat kemerahan kemudian akan terjadi peradangan yang menimbulkan sisik pada sekitaran hidung, untuk mengatasinya bisa berkonsultasi dengan dokter agar diberikan solusi terbaik.

Jenis Jerawat Nitrosica

Jenis jerawat yang satu ini harus lebih diwaspadai karena jika dibiarkan saja akan mengakibatkan lubang yang muncul dikulit wajah, untuk mengatasinya bisa berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu agar mendapatkan solusi terbaik bagaimana penanganannya.

Itulah 10 jenis jerawat yang biasa muncul diwajah, untuk mencegah jerawat timbul di muka maka bisa dengan selalu menjaga kebersihan kulit wajah dari kotoran yang menempel karena bisa menutupi pori-pori yang berakibat pada munculnya berbagai permasalahan kulit, khususnya jerawat.

Demikianlah informasi tentang jenis jerawat di wajah dan cara mengatasinya, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari referensi tentang jerawat. Jangan lupa untuk kembali lagi ke tipsmuka.com apabila ingin mencari tips lain seputar kesehatan wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *